Buka Rekening Tabungan Tanpa KTP Setempat

kaiu indonesia
Cara Membuka Rekening Tabungan Bank Tanpa KTP Setempat ternyata bisa, dengan e-ktp buka rekening bank bisa dimana saja.

Buka Rekening Tabungan Tanpa KTP Setempat


Jadi itu hari, lupa hari apa yang jelas hari kerja, saat jalanan sedang macet - macetnya dan debu berhamburan di udara. Panas begitu terik, pohon tak ada yang rindang, akhirnya numpang berteduh di dalam gedung Bank full AC. udah mirip buat cerpen aja ya

Sebut saja aku ganteng yang tau artinya udah muntah pastinya, anak kuliah semester 6 yang mukanya mirip om - om punya anak satu. Kalau jalan sama gebetan, banyak yang liatin, karena orang lain mengira si om lagi jalan ama cabe. Astaghfirullah. Begitulah orang, suka melihat sesuatu hal dari sisi luarnya, padahal dalamnya kan belum tentu juga.

Semenjak kuliah di kota Medan, kira kira bertahun - tahun yang lalu, entah sudah berapa tahun aku gak pernah pegang kartu ATM, pernah sih kartu ATM kawan kos, itu pun cuman mau ambil uang kiriman dari mamak di kampung. Kampungku gak jauhlah dari kota Medan, di Siantar ajanya, naik bus sekitar 3 - 4 jam pake muntah. Gak tahan naik bus

Baca juga klik :


Lupa terakhir baca media online tentang OJK, tau OJK kan? ituloh yang nganter ibuk - ibuk belanja beli bawang, tomat, dll. Iya benar yang itu.

Nah banyak artikel yang menyatakan tentang Otoritas Jasa Keuangan dengan pihak - pihak terkait sudah mengadakan persetujuan penandatanganan bahwa dengan e-KTP seseorang bisa membuka rekening tabungan bank di mana pun dia berada.

Berdasarkan artikel tersebut, menjelaskan bahwa seseorang yang ingin membuka rekening bank tidak perlu lagi dirisaukan dengan domisili KTP tersebut.

Aku coba saja mendatangi bank, kebetulan hari panas lumayan ngadem di dalam gedung ber-AC. Satpam yang terlalu ramah, mempersilahkan aku masuk, menanyakan status kesendirianku. Eh, maksudnya ada kepentingan apa ke bank. Semua satpam sama dimana pun dia, satpam suka kepo.

Menunggu di antrian CS Bank, seperti ingin konsultasi jodoh, terlalu lama sendiri, terlalu lama antri. Ada hal yang menarik untuk dicari tau di sudut bank sebelahnya, sambil antri sambil mencari tau apa yang sedang terjadi.

Buka Rekening Tabungan Tanpa KTP Setempat


Ternyata hari itu adalah hari pertama tanggal 15 Juni 2015, Bank BCA AR Competition sosialisasi menggalakkan masyarakat agar lebih rajin menabung. Bukan di Medan saja, sosialisasi Augmented Reality Competition berlangsung di Bandung, Semarang, Kediri, Surabaya, Makasar. Dari 15 Juni sampai 3 Juli 2015.

Augmented Reality (AR) Competition ini adalah program dari Gebyar Tahapan BCA. Di AR Competition ini, ada dua jok mobil dan setir terpajang disana tidak tahu untuk apa. Eh, saat diduduki seakan akan naik mobil Mercy S Class. Jadi pengen punya mobil, tapi aku gak pande nyetir. Les nyetir dululah.

Mau ikutan AR Competition cek deh (klik) karena ada hadiah smartphone yang keren abis Xiaomi Redmi2 dan Samsung S6 yang canggih

Buka Rekening Tabungan Tanpa KTP Setempat

Augmented Reality merupakan serangkaian program dari Gebyar Tahapan BCA. Jadi, sebelum dapat mobil aslinya AR Competition kenalin virtual mobil Mercedes-Benz S Class kepada calon pemenang Gebyar Tahapan BCA. Ternyata caranya sangat mudah,

  • Banyakin menabung
  • Cukup bertransaksi e-Bangking BCA bayar tagihan listrik, air atau bayar e-Commerce lainnya
  • Apabila berbelanja menggunakan debit BCA kesempatan menang akan besar
Hadiahnya ituloh, yang buat kita rajin nabung, 1 unit Mercedes Benz S Class sebagai hadiah utama, 10 unit Mercedes Benz C Class dan 500 unit motor Honda. Penarikan hadiah dilakukan setiap bulan dari Juni hingga Oktober 2015.

Lebih jelasnya langsung ke web BCA aja (klik)

Buka Rekening Tabungan Tanpa KTP Setempat

Lihat keramaian di booth Gebyar Tahapan BCA Augmented Reality Competition, jadi lupa tujuan utama ke Bank. Ngadem, eh buka rekening. Tepat sekali, setelah selesai ikut meramekan di euforia AR Competition, nomor antrianku dipanggil, langsung deh ke CS.

Diawali dengan senyuman, aku pun juga senyum, kami senyum sama -sama layaknya artis FTV. Lalu ada serigala mengamuk, eh lupakan. Si mbak CS ngajak kenalan, dalam hati aku berpikir apakah ini yang dimanakan jodoh.

"Dengan pak siapa?"
"Jangan panggil pak, aku kan masih muda"
"Iya Maaf, Kalau begitu dengan mas siapa?"
"Apalah arti sebuah nama"
(Sendal melayang ke kapalaku)

Begitulah awal percakapan kami, kemudian aku mengutarakan niatku datang ke mbak CS ingin membuka rekening tabungan. Mbak CS memperkenalkan Tabungan Xpresi yang memiliki banyak kelebihan khususnya anak muda seperti aku ini, diantaranya;
  • Setoran Awal yang ringan Rp 50.000
  • Kemudahan e-Banking BCA cek saldo, mutasi dan transfer
  • Tampilan kartu ATM penuh gaya dan bervariasi serta trendy 
  • Selain fasilitas bayar e-Commerce, bisa juga bayar untuk game online, kaskus, blibli.com dll
  • Berkesempatan mengikuti program berhadiah Gebyar Tahapan BCA
Kata si mbak CS, tabungan Xpresi masih di cabang tertentu saja. Lalu aku menanyakan bagaimana cara membuka rekening tabungan tanpa KTP setempat. Ternyata informasi dari artikel tentang buka rekening hanya pakai eKTP itu tidak sepenuhnya benar. Ada syaratnya


Buka Rekening Tabungan Tanpa KTP Setempat

  • eKTP dalam keadaan baik, sehat jasmani dan rohani. Dalam artian masih bagus, gak patah, atau melengkung.
  • Kartu Tanda Pengenal pendamping SIM (Surat Izin Mengemudi) atau Paspor. Nah aku ada SIM yang jadi masalah nama di SIM dan nama di KTP berbeda, sial sekali ternyata tidak bisa. Nama di paspor sama dengan nama di eKTP namun permasalahannya aku belum buat paspor.
  • Surat Rekomendasi dari Perusahaan/Kantor, yaelah kan lagi kuliah surat rekomendasi dari kantor siapa? Pakai surat rekomendasi kampus gak bisa, jadi jangan dibawa, percuma saja sia-sia.
  • Saran sih ya, bawa dokumen pelengkap yang membuktikan keberadaan kamu di muka bumi ini, siapa tau kamu alien. Dokumen pelengkap itu seperti Akte Lahir yang asli dan Kartu Keluarga yang asli, itu saja sudah cukup membuktikan keberadaan kamu sebagai manusia bumi.
Ya begitulah kisahku pengen buka rekening di Bank BCA menemukan jalan buntu, tidak bisa buka rekening Bank, tidak bisa punya ATM sendiri, tidak bisa punya buku tabungan sendiri, terlalu lama sendiri.
Memang kesannya ribet, tapi itu adalah prosedur yang semua Bank harus jalani, untuk mengurangi resiko penipuan nasabah dan duplikasi akun Bank dengan banyak identitas, juga mengurangi resiko kejahatan banking lainya. Ingin buka rekening tabungan tanpa KTP setempat, harus membawa identitas pendamping selain e-KTP.

40 komentar