[post_ads]

Resep Lontong Sayur Kacang Adabi

Cara membuat lontong sayur atau kacang dengan mudah karena memasak lontong Adabi mudah. Dan praktis tanpa memakan waktu lama. Lontong merupakan makanan khas yang tentunya semua orang menyukainya, bahkan sering sekali sajian lontong sayur atau kacang dihidangkan pada momen momen tertentu.

Baca juga fakta tentang Sarden Adabi.

lontong adabi
 

Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini, makanan ini sangat istimewah bagi masyarakat Indonesia, terlebih lagi saat momen - momen hari raya. Lontong sayur, lontong kacang sangat sesuai untuk hidangan di hari raya lebaran. Hampir di semua rumah menyajikan makanan satu ini, seperti menjadi makanan wajib ketika hari lebaran.

Lontong sendiri sejarahnya sangat bervariasi, ada yang menyebutkan lontong awalnya adalah makanan dari pulau jawa di zaman kerajaan. Walaupun sejarah penamaan lontong belum pasti, tapi tidak mengurangi kekayaan kuliner Indonesia. Dan ternyata lontong sangat bervariasi.

Lontong Ketupat

Lontong yang ini pastinya sangat dikenal baik oleh masyarakat di Asia Tenggara, beras yang dibalut oleh anyaman daun kelapa sebagai pembungkus kemudian dikukus dengan kadar api yang sesuai serta waktu yang cukup.

Lontong Balap

Lontong Balap ini merupakan makanan khas berasal dari Yogyakarta, Jawa Timur. Sebenarnya hampir sama dengan lontong lainnya namun yang membedakannya adalah penyajian. Lontong balap disajikan dengan tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Lentho adalah racikan khas lontong balap yang terbuat dari kacang tolo bisa juga kacang ijo.

Lontong Krubyuk

Makanan tradisional dari karimunjawa yang ditaburkan bumbu rempah khas olahan karimunjawa, jawa tengah.Tidak seperti makanan lontong lainnya, lontong krubyuk memiliki siri khas kuah yang sangat dominan dan segar sensasi asam buah.

Lentog Tanjung

Lentog adalah lontong, lontong tanjung ini merupakan makanan khas kabupaten kudus, desa tanjung karang. Keunikan dari lentog tanjung terletak pada irisan lontong yang terbilang besar, tidak seperti irisan makanan lontong lainnya yang kecil.

Lontong Kupang

Lontong kupang terkenal di Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan karena memang lontong kupang asalnya dari Jawa Timur. Lontong kupang lebih dikenal lagi oleh masyarakat sekitar yaitu Kupang Keraton dari sebuah nama kecamatan di Pasuruan. Ternyata lontong kupang juga memiliki cerita tersendiri, dipercayai orang yang memakan lontong kupang sambil minum es, akan membuat badan sehat, penyakit di tubuh akan sembuh.

Cara Memasak Lontong

Penyajian lontong sangat banyak sekali variasinya, itulah yang membuat kuliner masakan Indonesia terbaik di kelasnya. Di Indonesia sangat mudah mencari kedai makan yang menjual sajian lontong, tidak itu saja selain kedai makan, resto hotel juga menyediakan sajian lontong. Oleh sebab itu makanan lontong sangat menjadi istimewah.

Pada makanan lontong, penyajian lontong hanya dibedakan secara garis besar, lontong sayur dan lontong kacang. Walaupun masih banyak penyajian lainnya dari lontong, 2 cara penyajian berikut yang paling populer. Lontong itu sendiri biasanya agar lebih nikmat, dihidangkan dengan opor ayam, sate, kerupuk, bawang goreng, dll.

Lontong Sayur

Penyajian lontong sayur sangat diminati hampir semua kalangan, dari mulai anak - anak, remaja, orang dewasa sangat lahap menyantap lontong yang disajikan dengan kuah sayur. Terbukti hampir setiap gerai jualan sarapan pagi, selalu ada menu sarapan lontong sayur. Biasa lontong sayur disajikan dengan kuah sayur dari olahan santan kelapa.

Lontong Kacang

Lontong yang disajikan dengan kuah kacang menjadi salah satu menu hidangan favorit juga, biasanya disajikan dengan hidangan sate, maka akan menambah kaya cita rasa dari sajian lontong kacang. Kuah kacang yang nikmat dan sate yang lezat akan menjadi hidangan yang sesuai untuk momen hari lebaran.

Lontong Adabi

Aku tahu tentang lontong adabi baru beberapa bulan terakhir, ternyata perusahaan yang memproduksi lontong adabi sudah berdiri sejak 1984. Berusaha menyajikan produk makanan berkualitas dari sajian masa silam khas nusantara.
Dengan lontong adabi aku percaya semua orang bisa menyajikan makanan khas nusantara yang lezat tanpa repot. Contohnya saja, aku adalah anak kos yang tidak memiliki keahlian memasak yang expert, hanya bisa masak mie instan, masak nasi.
Aku akan bagi - bagi resep membuat lontong sayur ala anak kos, pertama kita akan sediakan peralatan dan bahan.

Lontong Adabi

Pastilah sediakan lontong adabi, karena kita akan masak lontong bukan akan memasak rendang.

Sayur

Kalau sayur, tidak perlu repot beli saja sayur di rumah makan, jangan beli sayur di bengkel motor pastinya gak ada.

Cara memasak lontong adabi

cara memasak lontong
Masukan lontong adabi beserta plastiknya ke dalam panci rebusan, tenang, pasti kamu kawatir plastiknya akan mengganggu lontong adabi yang direbus. Plastik lontong adabi terbuat dari plastik HDPE (High Density Polyethylene) yang sudah teruji klinis standarisasi internasional.

memasak lontong adabi
Usahakan air rebusan dalam panci menenggelamkan plastik lontong adabi, agar proses rebusan merata di setiap sisi plastik lontong adabi.

membuat lontong adabi
Tidak perlu memerlukan waktu lama, lontong adabi cukup direbus 60 sampai 90 menit tergantung selera kepadatan lontong yang akan disajikan. Semakin lama, lontong akan semakin lembut.
Jaga air serapan, bila air rebusan hampir habis namun lontong belum matang, tambahkan air secukupnya.

lontong adabi
Lontong adabi siap disajikan, tidak perlu memakan waktu yang lama, dapat dimasak oleh orang yang tidak mengerti masak sekali pun. Berikutlah Resep Lontong Sayur Kacang Adabi, semoga membantu dalam penyajian hidangan lebaran.
Previous
Next Post »

8 komentar

Click here for komentar
mollymolly
admin
11 July 2015 at 12:55 ×

Kalo pingin makan lontong biasanya beli aja, tapi ini ada yang praktis.. tis.. tis, wajib dicoba ini !

Reply
avatar
Medan Wisata
admin
11 July 2015 at 13:45 ×

Lontongnya enak, enak dan praktis nih,, wajib stok dirumah,,

Reply
avatar
11 July 2015 at 19:22 ×

Bener kak praktis gak pake repot

Reply
avatar
sabda awal
admin
12 July 2015 at 12:21 ×

Bener bang masaknya gampang. aAku udah Coba masak pakai ricecooker. Enak lagi

Reply
avatar
14 July 2015 at 01:53 ×

kata mamak ga boleh narok bungkusan plastik di dekat kompor bang.

Reply
avatar
sabda awal
admin
14 July 2015 at 11:17 ×

mana liputan jrocks nya?

Reply
avatar
sabda awal
admin
21 July 2015 at 11:27 ×

man tulisan yang barunya?

Reply
avatar