[post_ads]

Social Movement ; Durian di KERETA API BINJAI

Untuk anak Medan pastinya tau Kereta Api Binjai yang fenomena, mengapa karena kereta api yang satu ini adalah gerbong kereta yang didesain untuk kereta tenaga listrik/komuter, namun disulap menjadi kereta biasanya. Pada kesempatan ini kami anak Blog M main - main ke kereta api jurusan Binjai tersebut.

blogger medan


Buat yang tersesat, aku jelasin bahwasanya DURIAN itu bukan buah yang luarnya buruk seperti wajah mantan dan dalamnya manis seperti kenangan dengan mantan. Durian Blog M adalah singkatan dari Diskusi Ringan Anak Medan yang selalunya diadakan satu bulan sekali, bukan hanya diskusi tentang blog semua hal bisa di sharing di sesi DURIAN ini.

Pada kesempatan ini, DURIAN di bulan Agustus kami kedatangan wanita ketjeh yang memberikan materi menggugah selera. Selera seperti apa? nanti pasti akan tau. Namanya Nasution Rizky pastinya anak muda kreatif yang tinggal di kota Medan mengenal sosok kakak ini. Sebelum aku sampaikan apa materi yang menggugah selera itu, aku akan ceritakan runutan Durian kali ini agar buat kamu - kamu iri.

Pertama ide untuk naik kereta api ini secara spontan tercetus dari temen - temen Blog M, gak tau siapa yang mulai pertama, semua mengiyakan rencana Durian ke kota Rambutan dengan naik Kereta Api. Beberapa hari sebelumnya aku dan medanwisata survey tempat cozy di kota Binjai ditemani PunyaBinjai artis Instagram kota Binjai. Malam semakin larut kami pun terpaut di cafe seputaran kota Binjai tak jauh dari makam pahlawan. Kami bekombur sampai larut malam karena hujan lebat tidak memperbolehkan kami mengakhiri malam. *eh kumat ngecerpennya.

Hari yang ditentukan tiba, hari dimana temen - temen blog M secara historial bangun pagi, mengapa karena Durian yang sudah - sudah biasanya dilakukan sore hari. Jadi Durian kali ini memaksa mereka bangun pagi - pagi.

Tiket sudah dibeli, walaupun ada dua orang yang gak jadi datang, tiket hangus untuk 2 orang. Kami masuk ke ruang tunggu seperti ingin masuk ke kebun binatang atau ke taman bunga, segala bekal piknik dibawa. Ada yang bawa jajanan, ada yang bawa cemilan, ada yang bawa perut kosong, itu aku sendiri.

Di gerbong kereta sangat mengerikan, mengapa karena sudut mata penumpang lainnya tertuju kepada kami yang bertingkah suka - suka. Seperti gerbong kereta milik sendiri, ada yang tertawa lebar, ada yang bertingkah konyol, ada yang galau, ada yang mabuk, ada yang diam - diam memperhatikan seseorang. Ah sudahlah, gerbong ini milik kami.

Setibanya di stasiun Binjai empat puluh lima menit berlalu, perjalanan itu seperti tidak ingin menghilang euforianya, kami semakin menggila. Di taman stasiun Binjai kami berkenalan satu persatu, memperkenalkan diri, layaknya salesman mempromosikan produknya. Bedanya ini produk kejombloan.

Setelah berkenalan, kami berjalan kaki menuju cafe, yang memang tidak jauh dari stasiun Binjai. Melewati tugu memorial kota Binjai, makam pahlawan, melewati kenangan yang terbuang. Ups. Setibanya di kafe, kami disambut dengan wajah heran waiters di sana. Rombongan perut lapar datang.

Social Movement ; Sosiopreneurship


Sebelum jauh aku mengutarakan materi yang disampaikan oleh kak Nasution Rizky pemilik blog nasutionrizky.com, aku akan kenalkan kakak ketjeh satu ini.
-kakak ini cantik kalau jelek, gak mungkin abang itu mau
-kakak ini pakai hijab, hijabnya itu syar'i loh, bawaannya pengen jumpa calon mertua
-kakak ini suka kemana - mana pakai ransel, pakai jam tangan, pakai gelang, pakai kacamata, pakai sabuk pengaman di angkutan umum
-kakak ini Paskibraka di tahun 2004, Duta Remaja 2005, Youth Govermance 2007, Jenius lokal 2014
-kakak ini selain memenangkan hati abang itu, pernah menang juagar favorit Blog Competition Biskuit Roma, Juara III review buku kompasiana, Juara I Blog Competition Digidoy
-kakak ini pernah, pernah muda.
Mungkin itu saja, mau tau banyak bisa kunjungi website kakak itu aja.

Memulai gerakan sosial harus dengan konsep menebar kebaikan, agar gerakan sosial tersebut berkah juga karena tidak ada kejenuhan dalam menebar kebaikan. Mengapa, karena niat yang tulus menebar kebaikan didasari pengharapan ridho-Nya.

Apa itu gerakan sosial?

Pengertian versi bukunya banyak, tapi gak perlu dikutip karena ini blog bukan skripsi, aku kasih versi kak Rizky aja.

"adalah sekumpulan anak muda yang tergerak dari 'ketidaktahuan'-nya untuk melakukan suatu perubahan seputar isu-isu sosial, dimana kegalauan yag mendorong mereka untuk 'bergerak' demi perubahan yang berarti, baik itu sederhana ataupun luar biasa" - Nasution Rizky
Dilemanya adalah apakah kita tidak peduli atau apakah kita tidak tahu. Ternyata gerakan sosial itu tidak berangkat dari keduanya. Gerakan sosial itu berangkat dari sebuah kebaikan yang berkesinambungan dilakukan untuk perubahan. Karena tidak peduli akan tergerak bila masih ada kebaikan dalam dirinya, tidak tahu maka akan belajar mengetahuinya untuk mengetahui kebaikan. Bring Conference - Create Change - Get the People to Care and Act.

Untuk menciptakan gerakan sosial perlunya sebuah kolaborasi dan saling bertindak secara sinergi kemudian perlu sharing agar mengetahui peluang apa yang ingin digarap bersama untuk pergerakan sosial.

Social Movement is not only about charity

Dari gerakan sosial yang digarap, timbul sebuah peluang dari kerasahan bersama, sosiopreneurship?

Masih sangat awam tentang sosiopreneurship, namun sebelum menjelaskan lebih detail kak Rizky memaparkan beberapa hal terkait tentang sosiopreneurship. Sebuah bekal untuk melangkah menjadi sosiopreneur.

Ciptakan perubahan dengan mengubah diri sendiri

  • Apa sih yang bisa kita lakukan untuk mengubah dunia?
  • Bisakah kita bayangkan bila semua orang berpikir seperti itu?
  • Jadi, apa yang bisa kita lakukan untuk mengubah dunia?
Bagi yang ingin melangkah ke tahapan sosiopreneurship, temukan jawaban dari pertanyaan diatas.

Untuk memudahkan pemahaman tentang sosiopreneurship.
  1. Sebuah event charity sukses menggalang dana untuk korban bencana, kemudian pada hari tersebut penyaluran dana berupa sandang, pangan, dan beberapa keperluan lainnya diterima oleh korban bencana.
  2. Sebuah event charity sukses menggalang dana untuk korban bencana, kemudian pada hari tersebut dana yang digalang disalurkan pada pembuatan pabrik pengolahan limbah, untuk membantu para korban bencana alam mendapatkan pekerjaan mereka kembali dan menghidupi keluarganya.
Dalam contoh diatas, yang dinamakan sosiopreneurship adalah sample kasus nomor 2, setelah membaca tersebut, tidak perlu pengertian tentang apa itu sosiopreneurship. Kamu bisa mengartikannya.

Kata kak Nasution Rizky

Bergerak Jika Tergerak

-o-


Materi yang sangat menggugah selera bathin kami saat itu, dengan cerita kasus mengenai limbah sampah, pemanfaatan pemukiman ex-Dolly, dan banyak sekali cerita sosiopreneur dari kak Nasution Rizky. Walaupun ditengah seriusnya kami menikmati suguhan materi dari kak Rizky, waiters mengganggu dengan pesanan - pesanan yang datang silih berganti, membuyarkan konsentrasi.

Di akhir cerita Durian, adalah ritual penting yaitu poto - poto berikut ini kumpulan poto yang entah dari siapa saja aku kutip. Doc. Blog M Gallery.

blogger medan

blogger medan

blogger medan

blogger medan

blogger medan

blogger medan
Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
10 August 2015 at 12:03 ×

wah klo inget gerbong milik sendiri masisinisnya pun cukup heran liat gerak gerik kita yaaaaa

Reply
avatar
mollymolly
admin
10 August 2015 at 12:47 ×

Kasian penumpang yang segerbong sama Blog M kemarin... pening mereka nengok kelakuan anak-anak Blog M yang konyol... hahaha.

Tapi seruuuu...

Reply
avatar
Lily Nur
admin
10 August 2015 at 13:23 ×

Macam di bajak anak Blog M gerbong kereta kmrn ya hahaha

Reply
avatar
Funy
admin
10 August 2015 at 23:03 ×

NASI BISTIK AYAM....
*niruin suara Masnya*

Reply
avatar
Medan Wisata
admin
11 August 2015 at 10:48 ×

Kece abis DURIAN nya nih,,,,, PEmateriya cakep,, Pembajakan Gerbong K.A Medan Binjai oleh Blog M hahahha

Reply
avatar