[post_ads]

Manfaat Belajar Blog untuk Guru

Menjadi guru cemerlang merupakan impian para guru, mengingat kemajuan zaman menuntut penerapan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar, manfaat belajar blog untuk guru dan siswa adalah salah satu solusi cara memajukan pendidikan nasional.

manfaat belajar blog untuk guru dan siswa
Chaidir sedang sharing tentang blog kepada para guru peserta program pengembangan kompetnsi guru di sekolah Radlatul Uluum, AekNabara, Labahan Batu (8 -10 Oktober 2015)


Djalaluddin Pane Foundation (DPF) adalah yayasan nirlaba yang fokus berkontribusi melakukan pergerakan demi mensejahterakan bangsa, khususnya di bidang pendidikan. Banyak pergerakan yang telah dilakarkan oleh DPF demi kemajuan negara, meluncurkan ATTIK (Armada Trainer Teknologi Informasi Komunikasi) mencerdaskan pendidikan melalui pemahaman dan penerapan teknologi informasi, kemudian pergerakan Lets Talk yang membantu dunia pendidikan dengan pembelajaran bahasa inggris yang mudah dan menyenangkan serta banyak lagi program - program DPF untuk membantu meningkatkan pendidikan negara.

Jadi, DPF tiap tahunnya memiliki program - program dalam membantu pengembangan pendidikan. Pada tanggal 8 - 10 oktober 2015 ATTIK yang dinaungi oleh DPF melakukan "Teaching Competency Development Program" pelatihan media blog untuk pembelajaran. Pada tanggal bersamaan, 2 tim ATTIK melakukan pelatihan di sekolah Labuhan Batu dan Labuhan Selatan. Di Labuhan Batu sekolah Radlatul Uluum Aek Nabara dan di Labuhan Batu Selatan sekolah Ar-Rasyid Pinang Awan. Sekitar 40 guru di berbagai sekolah menjadi peserta program pelatihan media blog dan bagaimana penerapan media blog untuk pembelajaran.

Media blog tidak terlepas dari kepenulisan, karena melalui tulisanlah semua orang bisa menyalurkan informasi. Berangkat dari betapa pentingnya kepenulisan dalam media blog, para guru peserta dibekali pemahaman tentang kepenulisan di hari pertama pelatihan tanggal 8 oktober hari kamis. Bertujuan agar para guru peserta memiliki wawasan tentanf sistematis kepenulisan, bagaimana mengkonsep sebuah tulisan, menggarap ide tulisan, dan penggunaan tanda baca yang benar dalam tulisan, yang nantinya akan diterbitkan di media blog pribadi milik para guru peserta masing masing.

Lalu di hari kedua 9 oktober hari jum'at, para guru peserta memulai pembuatan blog dan penerapannya. Bagaimana blog dapat membantu kegiatan belajar mengajar, sebagai mediasi informasi, opini, dan segala bentuk literatur lainnya. Tidak hanya itu saja, para trainer ATTIK juga membuka wawasan para guru peserta tentang pemanfaat blog secara maksimal. Karena minimnya blog blog yang berfokus pada dunia pendidikan dan kebanyakan blog pendidikan tidak membahasa secara mendetail. Maka besar harapan guru - guru menjadi blogger agar ikut memberikan dukungan pendidikan di dunia maya.

Manfaat belajar blog untuk guru dan siswa menjadi tidak keliru dalam mengakses informasi terkait pendidikan. Karena para siswa cenderung lebih interaktif di dunia maya daripada aktif membaca buku di perpustakaan. Maka dari itu, blog pendidikan yang digarap oleh guru menjadi oase di gersangnya dunia maya akan blog - blog pendidikan. Pelatihan media blog untuk pembelajaran, di hari terakhir tanggal 10 oktober hari sabtu para guru peserta pelatihan bisa mengaplikasikan materi - materi di hari pertama dan kedua, terbukti dengan suksesnya diadakan lomba blog untuk antar peserta dengan tema pengalaman inspiratif seorang guru.

Semakin berkembang pesat teknologi, guru adalah ujung tombak pendidikan, maka dari itu harus meningkatkan kompetensi guru - guru agar kesejahteraan sosial cepat terwujud.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Medan Wisata
admin
15 October 2015 at 15:57 ×

Semoga guru semakin melek internet, dan memanfaatkan media blog untuk belajar dan mengajarkan kepada siswanya,,,

Reply
avatar
21 October 2015 at 08:42 ×

semoga nanti kalo gurunya udah gaul dan jago ngeblog, bisa bw-an sama nak muridnya :D

Reply
avatar