[post_ads]

5 Hal ini tidak ada di Ekonomi Digital Indonesia

Pengertian Ekonomi Digital singkatnya adalah digitalisasi siklus ekonomi kalau belum paham juga, baiklah aku akan mengutip kata - kata seseorang yang tidak aku kenal. Dia adalah Don Tapscott di tahun 1988 mengemukakan tentang Digital Ekonomi pertama kalinya adalah sebuah sosiopolitik dan sistem ekonomi yang mempunyai karakteristik sebagai ruang intelijen, meliputi informasi, bergai akses instrumen informasi dan pemrosesan informasi dan kapasitas komunikasi. Elemen yang sangat kentara merupakan komponen ekonomi digital adalah industri TIK, e-commerce, distribusi digital barang dan jasa, dan penjualan barang/jasa yang menggunakan sistem internet. Ekonomi digital indonesia sendiri, sejumlah media online mengabarkan bahwa Indonesia akan menempati posisi teratas di ASEAN.

Dengan begitu pintar dan cerdasnya anak muda Indonesia, sehingga dengan sangat gampang sekali mengakses apa pun dari smartphone mereka tanpa harus kursus penggunaan smartphone. Ekonomi Digital Indonesia, atas dasar itulah, pengguna smartphone dalam hal ini pengguna jejaring sosial di Indonesia menempati urutan teratas. Menilik dari jumlah pengguna jejaring sosial, maka sejumlah instansi berbasis ekonomi digital menilik bahwa Indonesia dapat menjadi raksasa dalam bidang Ekonomi Digital. Namun, semua itu juga harus didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bidangnya dan beberapa hal yang terkait digitalisasi, provider internet misalkan juga memberikan dukungan penuh untuk kemajuan ekonomi digital Indonesia.

Ekonomi digital Indonesia tidak terlepas dengan cyber marketing, walaupun beberapa orang menganggap cyber marketing hanya sebuah tebak - tebakan. Kemudian apa saja yang dilakukan oleh digital marketer, apakah mereka hanya duduk diam di depan laptop memantau timeline facebook, membaca trend twitter, melihat post instagram. Ada strategi dasar hitungan metrik untuk menentukan arah market di dunia maya, dengan bantuan jejaring sosial seorang digital marketer dapat memilih langkah yang tepat untuk menarik pengguna online yang sedang kebutuhan barang/jasa.

Berbicara pengertian ekonomi digital, haruslah juga mengetahui konsep dasar karakteristik ekonomi digital Indonesia agara dapat menentukan proyeksi bertahan bagi mereka pelaku start up di dunia ekonomi digital. Lagi lagi dari Don Tapscott yang masih masuk akal tentang perihal karakteristik ekonomi di era digital, ada sekitar 12 hal antara lain Knowledge, Digitazion, Virtualization, Molecularization, Internetworking, Disintermediation, Convergence, Innoavation, Prosumption, Immediacy, Globlization, dan Discordance.

ekonomi digital indonesia

Dari 12 hal karakteristik tersebut ada 5 hal yang dikhawatirkan tidak ada lagi dalam ekonomi digital Indonesia.

Ngutang
Kamu yang biasa ngutang di kede sampah, mungkin tidak akan menemukan fasilitas ngutang. Atau kamu yang biasa bayar koskosan ngutang, tidak akan ada lagi ngutang dalam transaksi masyarakat.

Tawar Menawar
Menawar harga barang/jasa adalah sebuah kenikmatan tersendiri bagi IRT, jadi dengan adanya perekonomian digital mungkin tawar menawar tidak akan ada lagi.

Berdesakan
Berburu barang murah saat di pusat perbelanjaan mungkin sebagian orang menjadi keseruan, pasalnya saat berburu barang pasti akan berdesakan, ada yang jatuh, ada yang terpleset, ada yang baper. Tapi berdesakan di pusat perbelanjaan akan tidak ada lagi.

SPG tjakep dan SPB tjantik
Bila dalam beberapa kesempatan kamu pernah melihat sales promotion girl menjelaskan produknya, mungkin di era digital produk akan dijelaskan oleh robot - robot yang di design khusus untuk melakukan hal tersebut.

Bau Ketek
Kalau di Medan pasar itu pajak, dan penjualnya biasanya seorang nenek tua yang sering dipanggil inang atau opung, atau bou. Jika berbelanja di era digital ekonomi, sepertinya jangan khawatir akan bau ketek yang berbaur di udara.
ekonomi digital medan
Rabu tanggal 20 januari 2016, di graha XL Medan, aku bersama teman - teman netizen lokal, ikutan diskusi via Video Conference. Dari mulai penggiat media online, blogger, dan selebgram setuju untuk maju bersama ikut serta di era ekonomi digital Indonesia, khususnya pulau Sumatera yang mana pada saat itu netizen aktif yang ikut dalam video conference selain dari Medan, juga ada dari Palembang. Lampung, Pekanbaru.

Sepakat bahwa dalam ekonomi digital Indonesia, untuk bisa survive memenangkan persaingan dalam industri Telco, kita  perlu memahami karakteristik dari konsep ekonomi digital. Berbeda dengan ekonomi klasik yang selama ini dikenal, dan perlunya melakukan transformasi bisnis agar dapat secara optimal bermain di dalam arena menantang yang disebut sebagai  Ekonomi Digital.

XL sendiri memiliki sejumlah agenda untuk ekonomi digital. Masyarakat Indonesia yang majemuk dengan latarbelakang yang berbeda dan berbagai pemahaman mengenai Internet yang berbeda seperti,  Masyarakat yang mengetahui Internet tetapi tidak menggunakannya, Memahami internet dan menggunakannya dalam kehidupan sehari hari untuk bersosialisasi, Masyarakat yang paham dengan internet dan menjadikannya sebagai media untuk  selingan mencari uang, Hingga Masyarakat yang ketergantungan internet karena sebagai mata pencaharian untuk menghidupi diri dan keluarga.

Dan XL hadir untuk Mengentertain kebutuhan ini untuk menuju EKONOMI DIGITAL INDONESIA

Mengapa XL Harus Fokus di Digital?
  • Menekankan XL sebagai Perusahaan telekomunikasi yang fokus pada digital dan Memenangkan kembali kalau XL adalah perusahaan nomor 1 dibidang inovatif.

Apa Strategy XL untuk Mendukung Ekonomi Dgital ?
  • Memaksimalkan semua saluran digital dalam berkomunikasi di perayaan 2 Dekade XL
  • Memanfaatkan tanggal 20 setiap bulan sebagai hari momunetum Digital
  • Terlibatnya Internal dan External adalah mandatory untuk mensukseskan program ini.

Apa itu Ekonomi Digital
  • Menuju ekonomi digital ditandai dengan semakin berkembangnya bisnis atau transaksi perdagangan yang memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi, kolaborasi, dan kooperasi antar perusahaan atau pun antar individu.
  • Ekonomi digital biasa disebut juga sebagai  Ekonomi Internet, Ekonomi Baru atau Ekonomi Web.
  • Ekonomi Digotal mengarah kepada revolusi digital dan manajemen informasi yang sekarang sudah kita radaskan seperti :
    • Dapat dideferensiasikan tanpa batas, disesuaikan dengan kebutuhan, dan dibuat pribadi.
    • Melalui jaringan internet, dapat disampaikan kepada banyak orang, dan menjangkau dengan kecepatan tinggi.
    • Dapat diakses oleh siapapun, orang akan mendapatkan informasi yang lebih baik dan mampu melakukan pilihan yang lebih baik.

Beberapa komponen/produk XL kearah Ekonomi Digital adalah :
  • Komitment XL memperluas Hotrod 4G LTE Network, Program Xmartvillage & Xmartcities, mFish,Sisternet, Digibiz, Elevenia, MyXL dan banyak Digital Service lainnya.
Nah terpulang kepada kita anak muda kota Medan, ingin menjadi pengguna atau penggagas di era Ekonomi Digital Indonesia.
Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
21 January 2016 at 08:48 ×

Secara aku kurang pintar tawar-menawar harga waktu belanja, kayaknya malah pas kalau mau beli apa-apa langsung harga pas aja. Ga ribet ;).

Reply
avatar
21 January 2016 at 08:48 ×

Secara aku kurang pintar tawar-menawar harga waktu belanja, kayaknya malah pas kalau mau beli apa-apa langsung harga pas aja. Ga ribet ;).

Reply
avatar
24 January 2016 at 08:05 ×

Bener banget tuh, coba aja ada bagian tawar-menawar di belanja online wih pasti seru tuh dan dijamin gak bakal ada yang mau beli soalnya yang nawar pasti kebangetan minta harganya :D

Reply
avatar