[post_ads]

5 Cara Menghemat Uang Jajan ala Anak Sekolah

Cara menghemat uang jajan ala anak sekolah mungkin bukan rahasia umum lagi, namun hal sederhana ini sedikit anak sekolah yang mengetahuinya. Bahkan di pelajaran sekolah pun tidak ada yang secara langsung menjelaskan tips untuk menghemat pengeluaran anak sekolah. Anak sekolah masih berpikiran bahwa uang jajan adalah sumber pendapatan yang selalu mereka dapat dari orang tua dan berpikir untuk menjaganya hanya berpikir menghabiskannya saja.

baca juga: Belajar Hemat ala Anak Sekolah

Cara Menghemat uang jajan ala anak sekolah


Keuangan adalah indikator kesuksesan, benarhkah demikian? Sebenarnya keuangan yang sukses adalah uang yang digunakan sebaik-baiknya kebutuhan, terkadang kita belum mengerti kebutuhan serta berapa banyak pun uang yang kita miliki belum dikatakan sukses jika uang tersebut masih digunakan untuk hal yang tidak perlu.

Mungkin ini bisa sedikit membantu bagaimana cara menghemat uang jajan ala anak sekolah, bagi kamu yang mengalami uang jajan pas dan merasa kurang tips ini layak untuk dicoba agar uang jajan kamu sesuai untuk kebutuhan.

  • Belajar mengontrol diri
Kebanyakan orang salah dalam mengartikan berhemat, hemat sebenarnya bukan berawal dari keuangan yang dikontrol melainnya dirilah yang dikontrol dalam hal memenuhi kebutuhan. Tantangan terbesar dalam berhemat adalah mengontrol diri untuk tidak menghabiskan uang ke suatu hal yang sifatnya tidak penting.

  • Mengontrol diri adalah mengontrol keuangan
Sebelum mengontrol keuangan, seharusnya terlebih dahulu berkenalan dengan diri sendiri, apa yang menjadi kebutuhan kita dan apa yang memang dibutuhkan. Karena mengontrol keuangan paling utama adalah mengontrol kemauan diri akan sesuatu kebutuhan.

  • Mengetahui yang perlu untuk dibelanjakan
Kebutuhan yang dibelanjakan seharusnya diketahui apa saja yang perlu, berangkat dari kebutuhan bila salah memahami kebutuhan tersebut akan berakibat menghabiskan uang secara percuma. Nah, sebenarnya hemat itu adalah mengetahui apa saja kebutuhan yang diperlukan.

  • Mulailah membelanjakan sesuatu yang sifatnya mendesak
Memilah atau mensortir kebutuhan mana yang lebih dibutuhkan dalam artian kebutuhan yang mendesak membantu mengurangi penghamburan uang ke sesuatu yang tidak perlu. Mensortir kebutuhan yang mendesak akan membiasakan diri untuk berpikir cermat dalam memilih pemenuhan kebutuhan.

  • Mulailah menyisihkan uang untuk simpanan dan keperluan tak terduga
Menabung mungkin sebagian orang sudah tahu, tapi tidak banyak yang sadar dengan menabung ternyata adalah pola hidup hemat. Menabung akan membiasakan diri untuk mempersiapkan kepada situasi yang tak terduga,sehingga pola hidup hemat dan siap akan keperluan tak terduga akan membuat uang jajan hemat.

Uang jajan adalah sumber penghasilan anak sekolah maka dari itu pergunakan uang jajan sebaik - baiknya, jangan kebanyakan main game di warnet atau rental PS, jangan kebanyakan beli diamond COC. Berikutlah 5 cara menghemat uang jajan ala anak sekolah.
Previous
Next Post »