[post_ads]

Memilih Mouse Untuk Game Fps dan Moba Game

Cara Memilih Mouse Untuk Game Fps dan Moba Game, buat kamu yang hobinya ngegame pasti udah akrab dengan game fps maupun game moba. Nah bagi yang belum tau, aku kasih tau deh, yang udah tau diem - diem aja jangan kasih tau yang lain ya.

Game Fps adalah Game Fisrt Person Shooter sebuah game yang terlihat dilayar serasa pandangan pemainnya, dan biasanya hanya terlihat tangan karakter di game sedang memegang senjata, umumnya game ini diterapkan di game perang, tembak menembak dan sejenisnya.

Game MOBA adalah Game Multiplayer Online Battle Arena, nah kalau game MOBA biasanya mengacu ke game mirip DOTA walaupun FPS juga termasuk ke game MOBA, namun game FPS belum tentu termasuk game MOBA. Biasanya game MOBA ini diterapkan di battle shooter, atau battle strategy game.



Setiap orang berbeda kebutuhan untuk bermain game, harus memiliki spesifikasi laptop yang luar biasa, keyboard yang nyaman, atau mouse yang menunjang keseruan game. Nah sebelum memilih mouse untuk game FPS atau MOBA game, ada baiknya gamer harus tau dulu fitur mouse yang seperti apa yang dibutuhkan.

Ada juga gamer yang mementingkan kenyamanan untuk bermain game, namun ada juga gamer yang memiliki mouse karena tampilannya yang manarik guna menambah suasana keseruan saat bermain game, dan beberapa ada yang percaya bahwa merek mouse mendukungnya saat bermain game.

Ternyata fitur pada mouse itu berbeda-beda, ada yang sesuai untuk game tertentu ada juga malah tidak sesuai untuk beberapa game.

Semua pasti yakin, tiap gamer punya gaya bermain yang berbeda, punya selera yang tak sama, dan kadar kenyamanan yang berbeda-beda pula, namun tidak salah jika gamer mengetahui fitur yang ada sebelum memilih mouss untuk game

Kepekaan mouse gaming (sensitivity)  

Sampai titik tertentu, semakin tinggi sensitivitasnya maka semakin bagus mouse gaming tersebut. Sensitivitas mouse diukur dengan satuan DPI (dot per inch) atau CPI (character per inch). Sensitivitas lebih tinggi berarti pengguna mouse hanya membutuhkan sedikit gerakan untuk memindahkan kursor pada jarak tertentu di layar monitor. Mouse gaming dengan sensitivitas tinggi dibutuhkan untuk game yang banyak menampilkan pergerakan cepat dan game tembak-tembakan (shoot type game), atau ketika kamu bermain game pada monitor yang besar. Baca yang ini Monitor Gaming Terbaik 2014 + Review.

Pada sisi lain mouse dengan DPI rendah dibutuhkan ketika seseorang memerlukan kontrol yang lebih baik, seperti game FPS (first person shooter).

Mouse gaming dengan sensitivitas tinggi (5000 DPI atau lebih) memerlukan tangan yang sangat stabil, dan DPI tinggi membuat mouse tidak praktis untuk aplikasi desktop. Tapi hal ini mudah diatasi dengan memilih mouse gaming yang tingkat DPI-nya bisa disesuaikan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah tingkat sensitivitas melalui tombol pintas di keyboard ataupun tombol di mouse tersebut. Pengguna dapat mengatur DPI tertinggi saat bermain game dan menurunkannya kembali untuk aplikasi lain. Mouse optic standar yang biasa kita pakai umumnya di set pada DPI 800, sementara pengaturan DPI pada mouse gaming bervariasi antara 100 DPI sampai 8000 DPI.

Tombol yang bisa diprogram (programmable buttons)

Gaming mouse dengan tombol yang bisa diprogram memungkinkan seorang gamer memprogram tombol untuk melakukan fungsi tertentu, atau untuk melakukan beberapa fungsi (tombol makro). Itu artinya menekan sebuah tombol yang programmable pada mouse gaming bisa menggantikan sebuah keystroke atau serangkaian keystroke. Fungsi ini membuat game jadi lebih mudah dimainkan dan banyak gamer menganggap semakin banyak tombol yang bisa diprogram maka mouse gaming itu semakin bagus. Kebanyakan produsen memanfaatkan sisi kiri, kanan dan roda gulir untuk tombol yang bisa diprogram.

Akselerasi

Percepatan (acceleration) biasanya dinyatakan dalam satuan G. Satu G setara dengan 9.8 meter per detik. Fitur ini mempengaruhi kemampuan mouse gaming untuk bergerak berdasarkan seberapa cepat pengguna menggerakkan mouse. Akselerasi tinggi sering digunakan dengan pengaturan DPI rendah sampai sedang agar mouse gaming mendapatkan akurasi yang lebih baik.

Sensor

Gamer sejati pasti tidak nyaman bermain game dengan mouse optic biasa. Karena, teknologi sensor optic sudah usang dan digantikan dengan sensor laser. Mouse gaming bagus saat ini menggunakan sensor laser karena terbukti lebih akurat dan waktu responnya lebih cepat.

Konektivitas (connectivity)

Seperti halnya mouse standar, mouse gaming juga ada yang pakai kabel (wired) dan tanpa kabel (wireless). Mouse wireless generasi awal dikenal karena “keburukannya” yaitu memiliki jeda alias tidak responsive. Tapi teknologi mouse nirkabel telah berkembang sedemikian rupa sampai pada titik dimana konektivitas bukan lagi masalah. Dan kebanyakan mouse gaming wireless juga bisa digunakan dalam modus kabel pada saat baterai sedang diisi.

Bobot yang bisa diatur (adjustable weight)

Ada tipe gamer yang lebih suka gaming mouse dengan bobot ringan, tapi gamer lain mungkin lebih suka yang bobotnya sedikit lebih berat. Mouse gaming dengan bobot yang bisa disesuaikan tentu lebih bagus dimata salah satu ataupun kedua tipe gamer tersebut. Jika suatu saat pilihan mereka berubah, mereka tidak perlu membeli mouse gaming baru lagi.

Kenyamanan

Mouse gaming dibuat dalam berbagai model ataupun desain, bahannya juga berbeda-beda. Ada mouse yang halus, lembut, dilapisi karet, bertekstur, glossy, dll. Semuanya agar pengguna punya opsi lebih banyak dalam memilih mouse gaming yang bagus.

Profil

Kebanyakan gaming mouse menyimpan konfigurasinya dalam beberapa profil. Fitur ini memudahkan pengguna untuk secara cepat menukar-nukar profil ketika dia berganti jenis game. Informasi tentang profil biasanya disimpan dalam memory on board mouse tersebut, sehingga user dapat menggunakan gaming mouse itu di berbagai komputer tanpa harus men-setting ulang.

Pegangan mouse (mouse grip)

Cara memegang mouse ada tiga macam : claw grip (seperti mencakar), palm grip (seperti memegang kelapa), fingertip grip (dengan jari jemari). Untuk mudahnya silakan lihat gambar cara memegang mouse diatas ini.

Merek mouse gaming yang bagus

Beberapa merek gaming mouse lebih populer dari pada yang lainnya. Merek gaming mouse yang terkenal diantaranya : Logitech, Razer, Steel Series, Cyborg dll. Nama-nama tersebut merupakan produsen mouse gaming terkenal kelas dunia.

Mouse adalah salah satu perangkat kelengkapan dari PC atau laptop. Fungsi mouse sangatlah penting untuk PC, ini karena beberapa user menggunakan sistem operasi berbasis GUI (Graphic User Interface) yang membutuhkan mouse untuk alat input dan eksekusi aplikasi. Sedangkan pada laptop sendiri, fungsi mouse hanyalah optional saja, karena laptop telah memiliki mousepad sendiri untuk sebagai pengganti mouse. Bagi kamu pengguna PC biasa mungkin tidak terlalu mempedulikan kualitas dari mouse, karena mouse bagi kamu hanya untuk mengklik dan memindahkan kursor saja.

Sedangkan untuk para gamer, mouse ini sangatlah penting dalam menunjang kinerja, kenyamanan, dan keberhasilan mereka menyelesaikan level pada game tersebut. Inilah makanya sudah banyak beredar mouse-mouse gaming yang memiliki harga yang memang cukup mahal. Tapi, untuk kamu yang ingin membeli mouse gaming, sebaiknya kamu membaca terlebih dahulu tips memilih mouse gaming yang sesuai dengan saran Saya di bawah ini.

1. Sesuaikan Ukuran Mouse dan Tangan Kamu

M8600手勢圖Mouse memiliki ukuran yang beragam, yang tentunya disesuaikan dengan usernya. Untuk itulah ukuran mouse sangatlah penting dan juga mendukung kelancaran kamu dalam bermain game. Biasanya para gamer memilih mouse yang dimana posisi jari dan telapak tangannya tetap lurus dan pas tanpa melengkung. Jadi, seakan-akan tangan kamu hanya diletakkan begitu saja dalam keadaan santai. Untuk gamer yang nyaman dan suka dengan mouse seperti ini, tentunya membutuhkan mouse berukuran yang agak besar dan lebar. Namun, ada juga gamer yang senang menggunakan mouse yang berukuran kecil, karena menurutnya nyaman dan lebih lincah untuk digerakkan. Kalau Saya sendiri penggemar mouse untuk ukuran yang besar. Ini karena Saya suka dengan game FPS (First Person Shooter). Dan, ini membutuhkan kenyamanan user dalam menggunakan mouse tentunya.

2. Tingkat Kecepatan Mouse (DPI)

Mouse standar biasanya tidak dicantumkan berapa DPI kecepatan mouse tersebut. Tapi, untuk mouse-mouse kelas gaming, DPI pasti lebih utama dicantumkan pada dusnya. Dan, semakin tinggi DPI dari mouse tersebut, maka semakin baik pula untuk digunakan bermain game. Karena, kualitas dalam mengklik akan lebih lembut, perpindahan kursor pun akan lebih cepat (sensitif).

3. Ada LED Sensor

Tips Memilih Mouse Untuk PC Gaming LED oleh tekno segiempatLED sensor ini biasanya berada dibagian optic (bawah) dari mouse gaming. Ini fungsinya untuk sebagai penanda bahwa mouse kamu masih dalam keadaan bagus. Kalau lampu LED pada mouse tersebut sudah tidak menyala atau berkedip-kedip itu berarti mouse kamu mengalami kerusakan. Ada juga satu lagi LED pada mouse gaming yang berfungsi sebagai penanda untuk meningkatkan DPI dari mouse, seperti pada gambar di bawah ini.

4. Harga dan Kelengkapan

Untuk beberapa mouse standar harganya memang sangatlah murah, berkisar mulai dari angkar Rp. 10 ribuan hingga Rp. 20 ribuan saja. Tapi, untuk mouse gaming biasanya di atas Rp. 100 ribuan bahkan hingga jutaan. Ini karena mouse gaming memiliki banyak fitur dan tombol tambahan di atas. Mouse gaming juga biasanya memiliki tambahan aksesoris untuk melengkapi kenyamanan kamu dalam bermain game. Aksesoris tambahan ini biasanya berupa mousepad, yang lembut dan agak lebar.

Untuk memilih mouse gaming, sebaiknya pilih memiliki fitur dan tombol tambahan yang lengkap. Dan, biasanya mouse gaming juga dijual dengan bundle keyboard gamingnya. Namun, kamu harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk mendapatkannya. Semoga artikel ini menjadi referensi untuk Memilih Mouse Untuk Game Fps dan Moba Game yang sesuai buat kamu.
Previous
Next Post »