[post_ads]

Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan, BAGAIMANA BISA?

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan serta merupakan sahabat bumi yang mengupayakan pelestarian energi.

Menjaga lingkungan agar tetap asri bukan tugas satu orang ataupun sekelompok orang saja. Semua penghuni bumi harusnya sadar, bahwa bumi butuh perhatian lebih. Kita sebagai orang yang numpang tinggal di bumi sudah selayaknya menjaga bumi untuk nantinya dihuni anak-anak kelak. Namun tidak semua orang yang mengerti untuk memelihara lingkungan, malahan membantu merusaknya dengan polusi udara, membuang sampah sembarangan, dan sebagainya.
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Untuk skala dunia, kerusakan lingkungan terjadi ternyata ulah para manusianya yang tidak bertanggung jawab. Nilai ekonomis alam yang sejatinya dimanfaatkan oleh manusia sebenarnya bisa mencapai kurang lebih 75% nilai ekonomis alam. Namun tidak demikian, akibat pengelolahan yang kurang tersistem, dan kesadaran manusia mayoritas masih kurang tentang menjaga lingkungan. Akibatnya kelolah hasil alam tidak optimal dan malah meninggalkan kerusakan yang dampaknya tidak langsung terlihat.

Kerusakan lingkungan berdasarkan nilai ekonomis alam yang hilang diperkirakan bisa mencapai Rp 1 triliun per 1 kilometer persegi. Dan pada akhirnya kerusakan lingkungan tersebut kembali berdampak pada orang-orang tersebut. Bisa dikatakan hingga Rp 20 juta tiap orang di bumi mengalami kerugian yang mungkin tidak terlihat nyata.

Mungkin upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kerusakan lingkungan hanya bersifat meminimalisir agar tercipta bumi yang ramah lingkungan. Bisa dikatakan hampir tiap – tiap pemerintah Negara di dunia mengupayakan hal – hal terbaik untuk mengatasi isu lingkungan. Tidak sedikit investasi di dunia pertanian agar lahan-lahan pertanian bisa tetap menghasilkan bahan pangan untuk seluruh manusia di Bumi.

Di seluruh negara mengalami hal yang hampir sama, bahwa lahan pertanian hanya tersisa 48 % yang bisa digunakan, 52 % rusak karena tidak terjaganya lingkungan. Tidak suburnya lahan juga menjadi sebab rusaknya lahan – lahan pertanian di tiap negara.

Dari tahun 1970 luas lahan di bumi mengalami kekeringan, bumi dilanda kekeringan parah yang meningkat dua kali lipat tiap tahun hingga tahun 2000an. Satu per satu kawasan di bumi malah kini rentan mengalami kerusakan. Dalam hal ini, sepertiga kawasan Afrika terancam berubah menjadi gurun tandus.

Bencana demi bencana yang selalu dipertontonkan oleh televisi adalah sebab dari kerusakan lingkungan. Mengakibatkan banyak orang harus pergi dari tempat tinggal mereka untuk mengungsi dan jumlahnya tidak sedikit. Bagaimana bertahun – tahun ke depan, masihkan kekeringan mengancam hajat hidup orang banyak, haruskah masalah – masalah lingkungan lain mengancam mimpi – mimpi anak cucu kita?

Untuk menjaga mimpi – mimpi anak cucu, jagalah lingkungan. Bagaimana menjaganya, tentunya tiap manusia harus bersikap ramah terhadap lingkungan, selama ini manusia menuntut hal – hal ramah lingkungan, namun kesadaran manusianya sendiri tidak bersikap ramah terhadap lingkungan. Ini yang tidak saling terpaut antara harapan dan upaya mewujudkan harapan tersebut.

Ramah Lingkungan, Manusia Harus Lebih Ramah

Banyak mimpi dan harapan manusia yang ingin dilakukan di bumi, namun manusia sendiri tidak sadar bahwa manusia kurang ramah terhadap lingkungannya. Hingga pada akhirnya, mereka para manusia lupa telah melakukan hal – hal yang merugikan diri mereka sendiri.

Manusia melakukan penebangan dan pembakaran hutan secara liar, penembangan dan pembakaran hutan tersebut demi membuka lahan pertanian dan pemukiman. Penebangan hutan juga dilakukan untuk mengambil kayu, sebagai bahan pembuatan perlengkapan rumah tangga. Kegiatan tersebut tentu saja membuat hutan menjadi gundul dan dapat mengurangi potensi sejatinya hutan. Populasi beberapa tumbuhan berkurang bahkan punah. Hewan hewan hutan kehilangan tempat tinggal.

Penggunaan bahan – bahan kimia yang sangat merugikan alam. Salah satu contoh penggunaan bahan kimia adalah penggunaan detergen sebagai bahan pembersih. Kegiatan mencuci menggunakan detergen sebaiknya tidak dilakukan di air yang mengalir langsung. Detergen menghasilkan busa yang dapat mencemari lingkungan. Busa detergen akan menutupi permukaan perairan sehingga sinar matahari tidak dapat menembus perairan. Proses fotosintesis tumbuhan air menjadi terganggu. Akibatnya tumbuhan kekurangan makanan dan akhirnya mati. Contoh lainnya adalah penggunaan pestisida yang berlebihan untuk memberantas hama tanaman. Penggunaan pestisida berlebihan dapat membunuh hewan lain yang lebih menguntungkan.

Eksploitasi sumber daya laut umumnya berupa penangkapan ikan secara tidak bertanggung jawab. Misal dengan menggunakan bom atau racun. Penggunaan bom dan racun selain mematikan ikan ikan kecil, juga akan merusak terumbu karang. Terumbu karang merupakan rumah bagi hewan-hewan laut. Warnanya yang indah membuat sebagian masyarakat mengambilnya untuk dijadikan hiasan.

Pengambilan ini tentu mengancam keberadaan terumbu karang. Akibatnya, ikan-ikan kehilangan tempat tinggal. Ekosistem laut menjadi terganggu. Jika dibiarkan, lambat laun ikan-ikan akan punah.
Manusia berburu hewan dan tumbuhan dapat mengakibatkan kelangkaan hewan dan tumbuhan tersebut. Jika tidak dihentikan, perburuan liar dapat mengakibatkan kepunahan. Akibatnya, keseimbangan ekosistem menjadi terganggu.

Perpindahan penduduk manusia mengakibatkan daerah yang didatangi menjadi sangat padat karena jumlah pemukiman terbatas. Kepadatan jumlah penduduk ini akan memicu terbentuknya pemukiman kumuh. Lingkungan kotor di pemukiman kumuh memengaruhi kualitas kesehatan manusia dan menyebabkan pencemaran lingkungan semakin meningkat.

Penggunaan kendaraan bermotor untuk manusia bepergian menyebabkan rusaknya lingkungan. Dalam menjalankan kendaraan bermotor dibutuhkan bahan bakar. Namun, pembakaran bahan bakar tersebut menghasilkan gas karbon dioksida yang mencemari udara dan tidak ramah lingkungan.

Ramah Lingkungan

Namun demikian, dua hal yang tidak dapat dipisahkan adalah manusia dan lingkungan, sebagian besar aktivitas manusia melibatkan lingkungan. Manusia membutuhkan lingkungan untuk memenuhi segala kebutuhannya, baik secara langsung maupung tidak langsung. Hubungan antara manusia dengan lingkungan yang dilakukan tidak bertanggung jawab akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan dan kelestarian alam. Terganggunya keseimbangan dan kelestarian alam akan berakibat pada kehidupan manusia. Maka dari itu manusia harus ramah terhadap lingkungan. Beberapa tindakan yang seharusnya dilakukan agar terjaganya keseimbangan alam.
pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan


  • Ramah Lingkungan dengan membangun perumahan terencana

Tiap tahun jumlah penduduk bertambah, kebutuhan akan tempat tinggal tentu semakin meningkat, tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Terjadilah perubahan penggunaan lahan. Lahan pertaniaan yang tadinya luar, sedikit demi sedikit berubah fungsi menjadi pemukiman. Dibangunnya perumahan mengakibatkan berkurangnya hutan dan lahan.
Ramah Lingkungan dengan membangun perumahan terencana meminimalisir dampak dari berkurangnya lahan yang berubah fungsi akibat pembangunan pemukiman. Bisa dengan memilih lahan atau pun membangun dengan jangka waktu yang sudah ditentukan berdasarkan rasio pertambahan penduduk tiap tahunnya.

  • Ramah Lingkungan dengan Cermat Memberdayakan Hutan

Penebangan pepohonan yang berada di Hutan tidak dapat terhindari, karena pemenuhan kebutuhan untuk manusia. Tapi, phon juga sangat penting bagi kehidupan di bumi. Sebenarnya penebangan pohon harus dilakukan secara hati – hati dengan usaha pelestariannya. Penebangan hutan harus disertai penanaman kembali benih-benih pohon yang telah ditebang. Sehingga benih-benih pohon akan tumbuh menggantikan pepohonan yang telah ditebang. Perlunya penentuan jangka waktu penebangan yang sesuai.
Penebangan hutan liar dapat mengurangi fungsi hutan sebagai serapan air. Dan akibatnya, daya dukung hutan  menjai berkurang. Hilangnya habitat dan makhluk hidup serta musnahnya spesies hewan dan tumbuhan yang terjadi akibat penebangan pohon yang tidak terkendali. Masalah yang bisa saja timbul setelahnya, tanah longsor, banjir, dan kebakaran hutan.

  • Ramah Lingkungan meminimalisir Polusi

Pengertian polusi merupakan masuknya zat atau bahan-bahan berbahaya lainnya ke dalam lingkungan pada kadar membahayakan manusia. Polusi juga dapat menyebabkan menurunnya kualitas lingkungan, serta membahayakan makhluk hidup yang ada di dalam lingkungan tersebut. Zat-zat atau bahan yang menyebabkan terjadinya polusi dinamakan polutan.

    • Polusi air

Polutan penyebabnya polusi air, beberapa berasal dari limbah cair pabrik, limbah pertanian, limbah rumah tangga, sampah organik, dan logam berat. Itulah beberapa yang mencemari air sehingga air tidak bersih lagi.

    • Polusi tanah

Sampah dapat menjadi polutan, yang menyebabkan terjadinya polusi tanah. Bahan-bahan yang mencemari tanah seperti plastik, kaca, logam, dan insektisida merupakan polutan yang sukar diuraikan oleh dekomposer. Bahan-bahan tersebut akan menumpuk dan terbenam dalam tanah. Tanah terpolusi seperti ini akan berkurang porositasnya. Insektisida dalam tanah, juga dapat menyebabkan terbunuhnya makhluk hidup lain yang justru berguna bagi manusia. Tanah yang tercemar logam berat pun dapat mengganggu beberapa organisme yang hidup di dalam tanah.

    • Polusi udara

Sumber polutan yang menyebabkan polusi udara umumnya berasal dari sisa pembakaran bahan bakar, seperti pembakaran batu bara di pabrik dan pembakaran BBM dari kendaraan bermotor. Sumber lain polutan udara yaitu asap yang timbul karena pembakaran lahan dan hutan. Polusi udara dapat menyebabkan sesak napas, batuk, dan aneka penyakit mata.

Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Yang paling nyata dan kentara adalah sisa-sisa pembakaran bahan bakar yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor. Bertambahnya penduduk juga berdampak tidak terkontrolnya jumlah kendaraan bermotor, buktinya angka kemacetan masih dalam kurva meningkat tiap tahunnya. Produsen kendaraan bermotor sadar akan hal ini, konversi antara bahan bakar menjadi tenaga dan gas buangnya harus ramah lingkungan. Tapi, kendaraan bermotor ini juga butuh bahan bakar yang berkualitas dan menyamai visi-misi baru mereka, yaitu ramah juga terhadap lingkungan.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Jika turun ke jalan, dan menanyai langsung apa di dalam benak mereka saat ditanyai langsung tentang pertamina, pasti secara spontan akan menjawab “PERTALITE” atau sebagian lagi menjawab “Bright Gas”. Gebrakan yang luar biasa dari Pertamina bahwa kini selain menyediakan bahan bakar untuk kebutuhan manusia, Pertamina mengupayakan pelestarian lingkungan dengan produk-produk berkualitasnya. Namun sebelum itu, mari berkenalan dengan Pertamina.
pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan

Kepanjangan Pertamina adalah Persatuan Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Nasional. Pertamina merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang penambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

Dilihat dari situs resmi pertamina.com, jelasnya menyebutkan Pertamina itu merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh negara Indonesia yang bergerak di bidang energi. Energi yang dihasilkan adalah seperti minyak, gas serta energi baru dan terbarukan. Perusahaan yang telah berdiri sejak pada tanggal 10 Desember 1957 ini telah menyelenggarakan usaha minyak dan gas bumi di sektor hulu hingga hilir.  Perusahaan ini juga mengoperasikan Unit Kilang LNG Arun (Aceh) dan Unit Kilang LNG Bontang (Kalimantan Timur).

Sebagai upaya Pertamina untuk memenuhi kebutuhan manusia, Pertamina memiliki banyak produk dan layanan yang ditawarkan kepada masyarakat. Bahan Bakar Minyak (BBM), Bahan Bakar Khusus (BBK), Bahan Bakar Subsidi, Non BBM, Gas, Petrokimia, Pelumas. Semua produk dari Pertamina ini sangat diupayakan dan selalu berevolusi agar ramah lingkungan tanpa mengurangi kualitas produk.

Pertalite, Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertalite merupakan salah satu produk dari Pertamina, dengan RON 90 Pertalite semakin mencuri hati para pengendara kendaraan. Karena dalam proses pengolahannya di kilang minyak, Pertalite mengalami uji kelayakan dan penambahan zat adifif. Sejak diluncurkan 24 juli 2015, hingga sekarang Pertalite menjadi primadona bagi para pengendara. Disamping harganya yang lebih murah daripada pertamax kualitas bahan bakar Pertalite hampir setara dengan pertamax dan di atas premium dan tentu pastinya ramah akan lingkungan. Sampai sekarang ini, Pertalite sudah didistribusikan ke 34 kota/kabupaten di Indonesia dan terus tersebar memenuhi kebutuhan.
pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan

Para pengendara bukan sembarangan menjatuhkan pilihan bahan bakar mereka ke Pertalite, pastinya karena pengalaman berkendara mereka lebih baik saat menggunakan Pertalite. Bisa dilihat dari beberapa keunggulan Pertalite sebagai BBM ramah lingkungan

  • Durability

BBM berkualitas Pertalite dapat dikategorikan sebagai bahan bakar kendaraan yang memenuhi syarat dasar durability atau ketahanan. Karena BBM ini mengandung oktan 90, aditif detergent, anti korosi, serta pemisah air pada Pertalite yang akan mengahambat proses korosi didalam mesin. Itulah sebabnya, bahan bakar ini tidak menimbulkan gangguan yang bisa merusakan mesin motor.

  • Fuel Aconomy

Kelebihan lain yang bisa menjadi faktor utama bagi kebanyakan pengendara bermotor menggunakan Pertalite karena kualitasnya yang unggul dan harganya yang murah. Karena, Air Fuel Ratio dari Pertalite ini dirancang lebih tinggi sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih optimal dan lebih efisien ketika kendaraan menempuh jarak yang lebih jauh.

  • Performance

BBM Oktan Tinggi Harga Terjangkau, kesesuaian angka Oktan Pertalite dan Aditif yang terkandung didalamnya, menciptakan kecepatan yang lebih tinggi dan emisi gas buang yang lebih bersih. Bukan itu saja, sehingga kendaraan bermotor terasa lebih enteng pada daya tarikannya, menjadikan kendaraan lebih lincah dalam manufer.

Bright Gas; Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Jika tadi pengendara dimanja dengan kualitas dari keunggulan Pertalite sebagai bahan bakar kendaraan motor, kini giliran para ibu – ibu yang hobi masak ataupun orang – orang yang hobi masak. Pertamina juga serius dalam hal menyediakan bahan bakar untuk masak bagi mereka yang hobi memasak. Jika para ibu – ibu masih menggunakan alat masak tradisional yang kurang efektif dan efisien, mungkin mereka belum mengenal lebih jauh produk Pertaminan Bright Gas. Jika sudah mengenalnya, dari mulai kualitas dan tampilannya, pasti para ibu-ibu yang awalnya bersusah payah memasak menggunakan alat masak tradisional, akan segera beralih ke Bright Gas.
pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan

Bright Gas merupakan  produk Pertamina LPG yang banyak digemari para ibu rumah tangga, kemasan 12 kg dengan varian merah dan ungu menambah minat ibu – ibu untuk memasak masakan lebih antusias dari biasanya. Bright Gas didukung dengan fitur tabung yang lebih aman dan lebih menjamin kualitas, sehingga para ibu tidak. Oleh sebab itu, para ibu-ibu yang hobi memasak sangat suka dengan bright gas dari segi tampilan produk juga keunggulan produknya.

  • Keamanan

Tabung Bright Gas, merupakan LPG aman dari kebocoran karena tabung ini memiliki fitur Katup Ganda DSVC (Double Spindle Valve System). Pengamanan ganda, jika salah satu katup rusak, gas tidak langsung keluar dari tabung sebab tertahan oleh katup pengaman lain.

  • Kenyamanan

Kepala tabung Bright Gas tanpa disadari lebih nyaman saat menyambung tabung gas ke selang gas. Tidak perlu bersusah payah saat menyatukan kepala selang dengan katup tabung gas. Sebab Bright Gas didesain untuk kenyamanan saat mereka para ibu-ibu yang memasak lebih menikmati momen-momen memasak mereka.
pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan

  • Kualitas

Menjaga kualitas dari isi Bright Gas, tabung 5,5 kg dilengkapi dengan Segel Hologram dengan fitur OCS (Optical Color Switch) yang telah dipatenkan dan tidak bisa dipalsukan. Dan juga dengan tabung 5,5 kg Bright Gas Hemat untuk ibu-ibu yang hobi memasak.

  • Kemudahan

Selain itu, para konsumen dimudahkan dengan Bright Gas layan antar. Layanan ini disebut dengan Bright Gas Layan Antar yang bisa anda hubungi ke nomor 500 000.

Sekilas tentang produk – produk Pertamina, lebih lengkapnya bisa langsung mengunjungi situs resmi pertamina.com untuk mengetahui banyak lagi tentang pertamina. Dari mulai hulu Pertamina tentang Eksplorasi dan produksi, Strategi Bisnis, serta Teknologi Baru dan Tepat Guna dari Pertamina. Juga Hilir Pertamina, bagaimana pengolahan dan pemasaran serta niaga mereka. Dan info lengkap produk – produk Pertamina, Gas untuk kendaraan, Gas untuk memasak, SPBU dan lainnya. Lengkap disajikan untuk memenuhi antusias konsumen tentang informasi terkait dengan Pertamina.

Kantor Pusat
Jl. Medan Merdeka Timur 1A,
Jakarta 10110 
Telp  : 1 500 000
Email : pcc@pertamina.com
scr: pertamina.com
Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Rusaknya lingkungan mungkin akan butuh waktu lama untuk regenerasi kembali, namun dengan sama-sama seluruh manusia yang tinggal di bumi mengupayakan pelestarian alam, mungkin kita dapat mewujudkan mimpi anak cucu kita di bumi ini. Manusia harus lebih ramah terhadap lingkungan, dan Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Previous
Next Post »

25 komentar

Click here for komentar
Yuha Azhari
admin
15 November 2016 at 08:46 ×

Sudah seharusnya kita beralih ke yang ramah lingkungan, bagaimana bisa kita tidak berinovasi segera? Waktu terus berjalan, dan kita sudah melihat dampaknnya dari baham bakar yang tidak ramah lingkungan.

Reply
avatar
15 November 2016 at 08:47 ×

Waa...ternyata tak boleh dicongkel ya karetnyašŸ˜…. Kemaren2 tukang gasnya ngasi contohnya gitu pas mau ganti karet.

Btw, no 500 000 itu bisa di gunakan di Medan juga kah?

Reply
avatar
15 November 2016 at 08:50 ×

Selain mengedepankan ramah, tetap juga harus mengutamakan kualitas... Dan, harganya juga di jaga :D

Reply
avatar
15 November 2016 at 10:49 ×

Keluargaku gak berani pakai kompos gas, takut meledak hehe. Tapi Bright Gas dengan fitur Katup Ganda DSV kayaknya aman, bisa nih rekom ke mamak hehe, Tengkyu infonya :)

Reply
avatar
15 November 2016 at 10:50 ×

Bright gas yang 5.5kg udah dipake mamaku utk masak2, lebih hemat dan amannn :D

Reply
avatar
Medan Wisata
admin
15 November 2016 at 10:59 ×

Iya emang sudah seharus dan sepatutnya untuk menggunakan bahan bakar berkualitas plus ramah lingkungan. apalgi bbm pertalite yang kini harganya juga sebanding dengan premium namun oktannya lebih baik,

Reply
avatar
ly nur
admin
15 November 2016 at 11:41 ×

Wah, jd selama ini udah bener beralih ke pertalite.
Jadi serasa ikut ngedukung perkembangan bahan bakar yang ramah lingkungan :)

Reply
avatar
15 November 2016 at 12:41 ×

Mari terus dukung penggunaan energi yg ramah lingkungan

Reply
avatar
sabda awal
admin
15 November 2016 at 16:50 ×

kalau saya sendiri pakai pertamax, memang kalau pakai octan rendah bisa menyebabkan polusi lebih tinggi, sudah seharusnya kita menjaga kelestarian bumi. termasuk polusi yang semakin menjadi2 ini...

Reply
avatar
15 November 2016 at 18:05 ×

Untung sekarang udah ganti jadi pertalite :D

Reply
avatar
FLP Medan
admin
15 November 2016 at 23:05 ×

Kalau dipikir-pikir satu orang yang ramah lingkungan ngaruhnya sampai mana lah, tapi kalau dari satu orang bisa mengajak yang lain, dan semakin banyak orang yang sadar pentingnya lifestyle ramah lingkungan, wah efek positif pun kembali lagi

Reply
avatar
15 November 2016 at 23:09 ×

Pemilihan bahan bakar yg ramah lingkungan, efeknya jadi lebih ekonomis juga ya, karena mesin atau peralatan jadi lebih awet. Trus ada efek jangka pendek dan panjangnya juga kan, malah juga dari segi kesehatan. Wuidih, ternyata efeknya kemana-mana ya

Reply
avatar
16 November 2016 at 21:07 ×

bener tuh bang, beralih segera :)

Reply
avatar
16 November 2016 at 21:08 ×

mudahkan pemasangannya, asalkan kita tau triknya

Reply
avatar
16 November 2016 at 21:10 ×

itu PR yang berat, harga harus dijaga, kalo minyak dunia lagi parah gimana ya,

Reply
avatar
16 November 2016 at 21:12 ×

kasih tau semua mamak mamak dekat rumah ya hehehhe

Reply
avatar
16 November 2016 at 21:15 ×

hemat kan, trus nyaman lagi digunakan

Reply
avatar
16 November 2016 at 21:16 ×

beralih aja ke pertalie, hehehe

Reply
avatar
16 November 2016 at 21:18 ×

iya dong, semua produk pertamina itu ramah lingkungan

Reply
avatar
16 November 2016 at 21:19 ×

weish, pakai pertamax, anak kos pake pertalite aja lah

Reply
avatar
16 November 2016 at 21:20 ×

harus dong, anak muda harus dukung

Reply
avatar
16 November 2016 at 21:20 ×

weish, anak muda memang seharusnya pakai pertalite

Reply
avatar
16 November 2016 at 21:22 ×

bener tuh bang, kalo semua ramah lingkungan barulah lingkungan juga akan ramah :)

Reply
avatar
16 November 2016 at 21:24 ×

efeknya kemana mana, ngerasa juga kan? kalo efeknya gak sekedar buat motor awet, tapi lingkungan juga terjaga

Reply
avatar
19 November 2016 at 09:47 ×

itu layanan pesan antar gasnya di Medan bisa kah?! soalnya kadang perkara beli gas ini bikin males dan jadi tunggu-tungguan sama kawan kos lainnya xixiixixi..


kalau untuk sepeda motor, daku malah sering ganti-ganti. kadang pertalite, kadang pertamax, kadang pun premium hahhahaa, labil mode on euy..

Reply
avatar