Siapa Bilang Pekerjaan Lulusan IT Cuma Bisa Jadi Tukang Servis Komputer? Ini Deretan Prospek Kerjanya

Siapa Bilang Pekerjaan Lulusan IT Cuma Bisa Jadi Tukang Servis Komputer? Ini Deretan Prospek Kerjanya
Siapa Bilang Pekerjaan Lulusan IT Cuma Bisa Jadi Tukang Servis Komputer? Ini Deretan Prospek Kerjanya

Mungkin sebagian dari kamu mengira bahwa pekerjaan jurusan IT atau Teknik Informatika, hanya bisa menjadi seorang tukang servis komputer, seseorang yang jago mengotak-ngatik laptop, hingga orang-orang yang hanya duduk terdiam memandangi komputer beserta kode-kode yang sulit dibaca. Padahal kenyataannya, pekerjaan jurusan IT paling keren loh ketimbang jurusan lainnya.


Karena, pekerjaan jurusan IT paling keren ini merupakan pekerjaan-pekerjaan yang sangat diimpikan banyak orang. Selain keren, pekerjaan jurusan IT juga memiliki gaji yang besar dan kantor yang bagus. Nah, dari pada membayangkan apa saja sebenarnya pekerjaan jurusan IT yang bisa dipilih dan apa sih yang dipelajari oleh para mahasiswa IT? Yuk langsung saja simak prospek pekerjaan jurusan IT di masa depan.

Sebelumnya, jurusan IT sendiri merupakan program studi Teknik Informartika yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujia, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer.  

Tidak hanya itu, dalam prodi ini juga mahasiswa akan mempelajari serta mengasah ide kreatif dan merealisasikan ide kreatif tersebut, memecahkan fungsi-fungsi, dan menciptakan struktur instruksi yang sangat detil dalam bahasa pemograman. Untuk mata kuliahnya sendiri juga tidak sedikit ya. Sebagai gambaran, mata kuliah jurusan IT diantaranya adalah:

- Algoritma dan Struktur Data
- Logika Informatika
- Probabilitas dan Statistika
- Dasar Dasar Pemograman
- Pemograman Interner
- Rekayasa Perangkat Lunak
- Data Mining
- Kalkulus
- Etika dan Hukum Cyber
- Metode Pengembangan Software
- Kriptografi
- teori Komputasi

Nah, jadi jangan kamu membuat stereotipe bahwa lulusan jurusan IT hanya bisa bekerja jadi tukang servis komputer ya. Lantas pekerjaan jurusan IT paling keren apa saja yang bisa dijadikan pilihan para mahasiswa lulusan jurusan IT? Berikut deretan propek kerennya pekerjaan jurusan IT di masa depan:

1. Full Stack Developer


Pekerjaan jurusan IT paling keren pertama adalah sebagai full stack developer. Di mana pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan semua pekerjaan termasuk databade, server, sistem engineering, maupun bagian dari sisi client.

Pekerjaan yang juga bekerja dari sisi front-end maupun back-end ini juga harus membutuhkan waktu lama untuk bisa menjadi seorang full stack developer. Karena, kamu harus menguasai konsep dari teknologi tersebut. Selain itu, kamu juga harus memiliki kreatifitas, pemikiran global, sellau ingin tahu, mempunyai kemampuan manajemen waktu, hingga komunikasi yang baik.

Selain keren, gaji dari seorang full stack developer juga besar, yakni sekitar $110.500 per tahun atau Rp 1.635.400.000 per tahun (1 USD= Rp 14.800). Namun, jika di Indonesia sendiri, semua tergantung dari perusahaannya, dan keahlian per individu.

2. Web Desainer


Pekerjaan jurusan IT paling keren selanjutnya adalah menjadi seorang web desainer. Dimana perkembangan internet saat ini tidak terlepas dari suatu website, baik perorangan, kelompok, organisasi, maupun suatu perusahaan. Karena, tidak bisa instan begitu saja untuk membuat sebuah website, dan harus membutuhkan seorang web desainer yang handal.

Tidak hanya web yang bisa berfungsi, perusahaan atau suatu instansi juga harus membuat website yang bagus, keren dan bisa menarik perhatian pengguna. Sehingga seorang web desainer wajib mengetahui apa yang diinginkan khalayak.

Tidak sendirian, web desainer juga akan berkolaborasi dengan front end web developer dalam hal teknis, dan bekerja sama dengan UX researcher dalam menangani pengalaman pengguna dari suatu website. Untuk soal gaji, seorang web desainer biasanya akan mendapatkan penghasilan sekitar $64,468 per tahun atau sekitar Rp 954.126.400 per tahun.

3. Soft Engineer


Berikutnya, ada pekerjaan jurusan IT paling keren yakni Software Engineer. Di mana tugas dari seorang software engineer adalah mengembangkan suatu perangkat lunak untuk nantinya digunakan menjalankan sebuah sistem. Misalnya, mengembangakan software pendidikan, bisnis, hiburan, games, dan lain sebagainya. Perangkat tersebut, biasanya akan ada di website atau komputer dan di aplikasi-aplikasi smartphone.

Bagi Anda yang suka menciptakan hal baru, pekerjaan ini sangat cocok dilakoni. Jika seluruh sistem sudah sepenuhnya dirancang, tanggung jawab software engineer selanjutnya hanya seputar menguji, debug, dan pemeliharaan.

Untuk pekerjaan jurusan IT paling keren selanjutnya ada Programmer, IT Consultant, Web Developer, dan UI/UX Designer. Di mana detail infromasinya bisa kamu baca di link artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/kuliah-jurusan-it-ini-5-pekerjaan-yang-bisa-didapat/

Advertisement